• CORETAN TANGAN

    Manusia Boleh Pandai Setinggi Langit, Tapi Jika Tidak Menulis Maka Dia Akan Hilang Ditelan Zaman (Pramoedya Ananta Toer).

Senin, 16 April 2018



1.      MEJA KERJA
Cara menata ruangan kerja kantor berikutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur ketinggian monitor sesuai dengan tinggi mata. Usahakan untuk memilih meja yang paling tidak berukuran sepinggang atau di atasnya. Namun, hal ini tentunya juga harus disesuaikan dengan bangku yang akan Anda gunakan. Anda membeli kursi yang bisa diatur tinggi-rendahnya, karena setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda, hal tersebut tentunya harus menjadi pertimbangan Anda demi kenyamanan para karyawan.
2.      TAMBAHKAN TANAMAN HIAS
Untuk mengatasi merasa bosan dan juga penat, anda bisa menghadirkan tanaman hias di ruang kantor agar pikiran dan otak akan terasa lebih rileks dan juga nyaman. Tambahkan beberapa tanaman hias besar di beberapa sudut dan tanaman kaktus kecil-kecil sebagai penghias yang manis.
3.      PENCAHAYAAN RUANGAN YANG CUKUP
Meja dengan pencahayaan cukup juga membuat Anda tidak mudah mengantuk, sehingga bisa lebih produktif lagi dalam menyelesaikan pekerjaan. Terkadang ada perusahaan yang meminimalisir penggunaan lampu untuk menghemat biaya listrik. Namun, hal ini justru bisa mengurangi produktivitas para karyawan. Bila memungkinkan, memanfaatkan cahaya matahari dari luar akan membantu pencahayaan ruangan. Namun, bila hal itu tidak membantu maka Anda harus memasang lampu untuk mendapatkan penerangan yang memadai di ruangan tersebut.
4.      PAPAN TULIS
Tidak hanya di ruang meeting, sebaiknya sediakanlah papan tulis di ruangan kerja tersebut yang bisa digunakan para pegawai Anda untuk mencatat hal-hal penting yang perlu diketahui oleh tim satu ruangan. Dengan begitu, tidak akan ada kata terlupa atau terlambat bagi karyawan Anda untuk melakukan berbagai hal atau kampanye penting yang harus dilakukan. Jika tim Anda sudah cukup besar, tak ada salahnya untuk membuatkan papan tulis per divisi untuk mencatat berbagai hal penting yang harus setiap saat dan selalu dilihat oleh timnya. Cara ini pun juga bisa diandalkan untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Akan lebih jika terpasang calendar plan per divisi di dinding yang bisa di-review setiap saat.
5.      Ruangan Istirahat
Setiap karyawan pasti diharapkan untuk bisa siap sedia dan mampu bekerja di bawah tekanan. Namun, tak ada salahnya untuk menyediakan satu ruangan beristirahat atau bisa dibilang sebagai ruang bermain untuk rekan kerja Anda yang ingin menyegarkan pikiran atau sekedar melipir sedikit dari kerumunan untuk mencari inspirasi, berpikir atau mengatur strategi mengenai hal atau projek yang sedang dihadapinya.
Di ruangan ini Anda bisa menempatkan berbagai bean bag sebagai hiasan, lalu ada sofa dan juga beberapa kursi bersandar yang manis dan nyaman untuk menghabiskan waktu bersantai. Untuk mencari inspirasi, tak ada salahnya juga untuk menyediakan beberapa buku-buku motivasi atau inspiratif yang berhubungan dengan bidang perusahaan Anda. Dengan begitu, setiap karyawan pasti lebih bisa mengatur waktu dan mengendalikan ritme kerjanya.
6.      TAMBAHKAN CERMIN

Rasa penat datang lebih cepat jika dirasa ruangan kerja terlalu kecil. Oleh karenanya, cobalah tempatkan cermin berukuran sedang di samping meja jika Anda merasa kubikel Anda terlalu sempit. Dengan cermin di bagian samping, secara tidak langsung akan memberikan efek meluaskan, karena pandangan Anda pun menjadi lebih luas saat menatap cermin, tidak terpaku ke dinding kosong yang seringkali membuat jenuh. Dan dengan adanya cermin tersebut setiap karyawan dapat merapikan dan memaksimalkan penampilannya. Jika pekerjaan sedang banyak dan orang-orang terlihat lesu dan juga berantakan, pasti dapat mengurangi semangat kerja Anda dan yang lainnya, bukan?
_____________________________________________________________________________________________________
Untuk Anda yang masih kesulitan menemukan ruang kantor atau ruang meeting yang sesuai dengan kebutuhan, sekarang sudah ada XWORK yang bisa menemukannya untuk Anda. Hanya perlu akses XWORK melalui website  XWORK atau langsung dapatkan aplikasinya di iOS atau Android. Selain itu, ada banyak review ruangan meeting dan ruang kantor yang paling direkomendasikan di blog XWORK!
______________________________________________________________________________________________________
#BeMoreProductive, Ruang Kantor, Lomba Blog, 

Jumat, 19 Desember 2014

Tahun ini, lowongan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Kementerian dan Pemerintah Daerah terbuka lebar. Anak-anak muda pun berbondong-bondong menjajal peruntungan agar bisa diterima menjadi abdi negara. Profesi yang terkenal dengan kemapanan dan jaminan masa tua ini memang tidak pernah kehilangan pesonanya. 
Namun, daya tarik profesi PNS tidak sama dampaknya pada setiap orang. Ada juga yang masih enggan melirik kemungkinan untuk berkecimpung di dunia PNS. Nah, dalam tulisan ini kami akan memberikan beberapa alasan kenapa kamu perlu mulai mempertimbangkan menjajal profesi sebagai PNS — yang sudah kami himpun dari pengalaman para PNS dan CPNS muda dari berbagai instansi.
 Menyitir kata Pram, “Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran.” Kalau belum tahu fakta yang sebenarnya, gak boleh terlalu cepat memutuskan ‘kan?     

1. Kesal dan Mengkritik Saja Tidak Cukup. Jadi PNS Adalah Cara Paling Konkret Untuk Turun Tangan Dan Mulai Mengubah Keadaan   
sekdiluk38anggaan.wordpress.c#sthash.FVkCLEef.dpuf

Anak muda terkenal sebagai kelompok yang paling vokal mengkritik kinerja pemerintah. Komentar-komentar pedas tentang kebijakan pemerintah yang dianggap kurang pro-rakyat dan kritik terhadap pejabat publik sering kita utarakan lewat berbagai jalur. Dari memanfaatkan media sosial, membentuk komunitas yang bertujuan melakukan pengawasan secara independen, sampai melakukan aksi demo turun ke jalan. 
Kritis terhadap kinerja pemerintah tentu baik. Sangat perlu, malah. 
Namun, mengkritik saja tidak cukup — kita perlu melakukan tindakan nyata agar ide dan gagasan yang kita miliki benar-benar bisa dimanfaatkan demi mengubah keadaan. Masuk ke dalam sistem adalah jalan terbaik agar bisa menyuarakan segala pendapat yang selama ini hanya terpendam di kepala dan dipahami oleh segelintir orang saja. 
Jika selama ini kamu gemas terhadap kinerja sebuah institusi, kenapa cuma berhenti di tahap mengkritik saja? Lakukan sesuatu, masuk ke dalamnya, dan berikan sumbangsihmu langsung dari dalam. Nah, jadi PNS bisa jadi jalan yang paling logis demi mewujudkan perubahan yang sudah kamu idamkan selama ini. “Masak kita mau hanya berhenti di tahap protes, kritik, dan bikin studi akademik? Makanya ayo jadi PNS, pahamin situasi di dalamnya dan bersama-sama melakukan perubahan dari dalam.”  Jhendra A.S , PNS di Kementerian Luar Negeri
     
2. Jadi PNS Itu Bisa Membuka Banyak Pintu Kesempatan Untuk Studi Di Luar Negeri
(Kredit Foto: Aldi Triyanto) viawww.facebook.com   

Profesi sebagai PNS bisa jadi batu loncatan bagimu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kesempatan menempuh pendidikan Master dan Doktoral bagi PNS terbuka lebar. Setidaknya ada 2 skema yang menawarkan kesempatan luas bagi PNS: beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor. 
Jika kamu bekerja di instansi yang terus membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan seperti LIPI, Kementerian PU, dan Bappenas — maka amat besar kemungkinan kamu bisa dikirim studi ke luar negeri oleh instansi tempatmu bekerja. 
Kamu hanya perlu jadi pegawai yang terus well-performed dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas. “Aku pengen banget bisa sekolah S2, tapi sampai sekarang belum ada kesempatannya. Nah, aku yakin dengan menjadi PNS kesempatan itu makin terbuka lebar. Senior-seniorku disini banyak banget yang dapat kesempatan sekolah di luar negeri karena mereka PNS.” Putri Situmorang. 
CPNS Kementerian Perdagangan Selain kemudahan mendapatkan beasiswa dari instansi tempatmu bekerja, status sebagai PNS juga lebih “menjual” saat kamu melamar jadi aplikan sebuah beasiswa yang dananya berasal dari lembaga donor. Profesimu sebagai PNS, yang notabene punya kesempatan untuk membuat dan mengambil kebijakan, akan membuat lembaga donor memperhitungkanmu sebagai kandidat kuat yang kontribusi keilmuannya memang benar-benar bisa dilihat selepas pulang dari sekolah nanti.     

3. Kamu Hanya Perlu Bekerja, Tak Perlu Khawatir Pada Kondisi Pasar dan Kemungkinan Perampingan Karyawan


Cukup. via www.facebook.com   

Tidak perlu khawatir ada kebijakan perampingan pegawai jika menjadi PNS. Karena selama pemerintah RI terus ada, maka selama itulah PNS terus dibutuhkan. Kalaupun ada restrukturisasi, seperti penggabungan atau pemisahan kementerian seperti di kabinet sekarang, pegawai yang ada tetap dipertahankan atau dipindah ke lain unit. Jhendra A.S, PNS di Kementerian Luar Negeri Jika kamu adalah orang yang selalu butuh kepastian (bukan cuma dari pacar), maka PNS adalah profesi yang cocok dijajal. Dalam pekerjaan yang satu ini, sekali diterima maka kamu akan terus mendapatkan pekerjaan tersebut selamanya. Kecuali dalam beberapa kondisi saat kamu melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik. Saat pegawai swasta harus ketar-ketir ketika kondisi pasar memburuk, PNS tidak perlu merasa khawatir. Selama negara ini tetap ada, PNS akan tetap dipekerjakan oleh negara — apapun kondisinya. 

4. Gaji PNS Memang Tidak Sebesar Gaji Di Sektor Swasta. Tapi Tunjangannya Lumayan, Dan Kamu Bisa Punya Waktu Untuk Berwirausaha  
(Kredit Foto: Wiwien Apriliani) viawww.facebook.com   

Dibandingkan dengan gaji fresh-graduates di sektor swasta, gaji PNS memang tidak seberapa. Tapi jangan menyangka hidup sebagai PNS itu susah! Selain gaji pokok yang memang lebih kecil dibandingkan gaji di sektor swasta, masih ada tunjangan lain yang bisa kamu terima. Tunjangan kinerja, tunjangan makan, hingga tunjangan keluarga bisa menambah nominal yang tidak sedikit ke rekening gajimu. Kesempatan membuka usaha sendiri juga terbuka luas bagi PNS. Jam kerja yang jelas dan relatif lebih fleksibel bisa dimanfaatkan untuk mengurusi bisnis yang sedang kamu rintis.
Tidak sedikit pula PNS yang memilih membuka bisnis yang dekat dengan kebutuhan pekerjaan mereka. Buka catering atau menawarkan jasa pembuatan seminar kit, misalnya. Saat instansi tempatmu bekerja membutuhkan konsumsi rapat dan seminar kit, kamu bisa dengan mudah menawarkan bisnismu. Bagi kamu yang ingin membuka usaha tapi belum sepenuhnya berani kehilangan penghasilan tetap tiap bulannya, profesi sebagai PNS adalah pekerjaan yang layak dipertimbangkan untuk dicoba.     

5. Memilih Berkarir Sebagai Abdi Negara Akan Memberimu Jenjang Karir yang Panjang dan JelasJ

via sekdiluk38anggaan.wordpress.com   

Bagi kamu yang, sekali lagi, suka kepastian — berkarir sebagai PNS adalah keputusan yang tepat. Tawaran jenjang karir yang panjang dan jelas amat mungkin diberikan oleh pekerjaan ini. Saat kamu masuk sebagai PNS, eselon awalmu akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir yang kamu miliki.
Secara berkala, tingkat eselon tersebut akan meningkat. Jika kamu berprestasi dalam pekerjaan, kemudian dipercaya menduduki jabatan fungsional atau struktural — kamu akan mendapatkan 2 keuntungan: tunjangan jabatan bertambah, sementara eselon juga terus meningkat seiring lamanya bekerja. Tak perlu khawatir mentok dalam pekerjaan. Jika kamu telah mencapai titik maksimalmu di suatu instansi, Badan Kepegawaian bisa memutasimu ke instansi lain yang membutuhkan kemampuanmu. Jadi, masih mau mengira pekerjaan sebagai PNS itu minim tantangan?   

6. Jangan Salah! PNS Zaman Sekarang Juga Harus Bekerja Keras. Tidak Ada Lagi Kesempatan Untuk Malas dan Ongkang-Ongkang Kaki
(Kredit Foto: Rizka Fiani) viawww.facebook.com   

“Siapa bilang PNS sekarang bisa ongkang-ongkang kaki saja di kantor? Di bawah koordinasi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, saat ini kinerja PNS sangat diawasi kedisiplinannya baik terkait jam kerja maupun pencapaian target kinerja setiap periodenya.” Gentur Adi Utama, CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yeah, zaman memang sudah berubah. Kini PNS bukan lagi profesi yang terkenal dengan kerja santai dan bisa makan gaji buta setiap bulan. Sudah diterapkan sistem reward and punishment yang jelas bagi PNS yang mangkir dari kewajiban kerja mereka. Sistem kerja PNS kini sudah makin profesional, bahkan tak jauh beda dari berbagai pekerjaan sektor swasta lainnya.     

7. Lewat Pekerjaan Ini, Kamu Bisa Punya Banyak Kesempatan Bertemu Orang Penting dan Jalan-Jalan Keliling Indonesia
via www.facebook.com   

Status sebagai PNS muda akan membuatmu dilimpahi banyak tugas “lapangan.” Mulai dari mengatur seminar, jadi LO sebuah acara kenegaraan, sampai blusukan mencari pembicara untuk talkshow televisi yang diselenggarakan oleh instansi tempatmu bekerja. 
Secara otomatis, kamu juga bisa punya akses untuk bertemu orang-orang penting dari berbagai posisi. “Kapan lagi bisa ketemu PM Timor Leste Xanana Gusmao lagi ketawa ngakak? Ngeliat menteri-menteri yang lagi menjabat ngobrol santai? Atau ngarahin Sekjen PBB Ban Ki Moon masuk ruangan, dan sesimpel ngobrol singkat dengan Bupati kalau ga kerja jadi PNS?” 
Selain punya kesempatan bertemu orang-orang penting dari bidangnya masing-masing, pekerjaan ini juga memberimu kesempatan untuk menjelajah Indonesia lewat perjalanan dinas. “Jadi PNS itu bukan cuma duduk di belakang meja aja. Kayak pekerjaanku sekarang di Kemendibud, aku harus keliling Indonesia buat mengimplementasikan program yang sudah kubuat.”, ujar Gentur.     

8. Jadi PNS Berarti Punya Jaminan Finansial Di Masa Tua Lewat Uang Pensiun 
(Kredit foto: Abie Zaidannas)   

Walau jumlahnya tidak besar, jaminan finansial yang didiapat lewat pensiun diakui menarik oleh Jhendra dan Gentur. Menjadi PNS membuatmu tidak lagi perlu khawatir pada kelangsungan hidup pasca purna kerja kelak. Paling tidak, setiap bulannya masih ada pemasukan yang bisa kamu terima. Walaupun gaji per-bulannya memang tidak sebesar gaji di sektor swasta, tapi jaminan masa tua yang ditawarkan oleh pekerjaan sebagai PNS memang sepadan. Negara sudah memikirkan kesejahteraanmu hingga tua kelak, kamu hanya perlu bekerja sebaik-baiknya.     

9. Dengan Status PNS, Kamu Bisa Lebih Mudah Mendapatkan Hati Calon Mertua Status PNS memudahkanmu mengambil hati mertua 
(Kredit foto: Melinda Paramitha)   

(Kamu yang musisi datang ke rumah pacar) 
Kamu: “Permisi, Oooom….” 
Ortu Pacar: “Silahkan, Mas. Mau pergi ya?” 
Kamu: “Iya, Oom. Mau ngajakin Pinka makan.” Ortu Pacar: “Mas-nya sibuk apa sekarang? Kerja apa?” 
Kamu: “Nge-band, Oom. Band saya yang buka konser Metalicca kemarin.” 
Ortu Pacar: (dalam hati) Ini bocah ngajakin makan anak gue sekarang mampu, lah 20 tahun lagi gimana? Masih ada band-nya nggak dia?   

(Kamu yang bekerja sebagai PNS datang ke rumah pacar) 
Kamu: “Permisi Oom, Pinka ada?” 
Ortu Pacar: “Oh, lagi dandan. Mari masuk dulu.” 
Kamu: “Iya Oom. Makasih.” Ortu Pacar: “Kok masih pakai seragam Mas? Baru pulang?” 
Kamu: “Iya Oom, banyak kerjaan.” Ortu Pacar: “Kerja dimana Mas?”
Kamu: “Kemenkeu (Kementerian Keuangan), Oom.” 
Ortu Pacar: “Oooh. Waah, masa depan cerah ya itu ya? Hahahahaha.” 
Kamu: HMMMM gak tahu aja Oom, saya kalau di kantor kerjaannya main LINE GET RICH.      

10. Di Pekerjaan Ini, Ide-Ide Segar Khas Anak Mudamu Akan Sangat Dibutuhkan Dan DihargaiIde-ide segarmu akan sangat dibutuhkan dan dihargai 
(Kredit foto: Rifky Akbar) via www.facebook.com   

Sebagai anak muda yang kaya dengan ide-ide segar, pekerjaan sebagai PNS sesungguhnya layak diperhitungkan. Di pekerjaan ini, kamu akan punya kesempatan luas untuk mengaplikasikan ide dan gagasan yang kamu miliki. Dampaknya terhadap masyarakat juga bisa lansgung terasa. PNS kini bukan lagi pekerjaan membosankan yang hanya cocok buat bapak-bapak berperut buncit. Kamu yang masih muda, penuh ide, dan kreatif juga bisa banget masuk ke jenis pekerjaan ini. Tidak ada yang pasti kecuali perubahan. Dan institusi PNS memang sudah berubah, ke arah yang lebih baik.   Setelah membaca alasan yang kami paparkan di atas, siapa di antara kamu yang makin ingin menjajal jadi PNS? Atau malah ada yang justru merasa makin enggan mencoba? 

Apapun keputusanmu, semoga karier yang sedang kamu jalani semakin sukses!   

SUMBER:    http://bit.ly/1yYPqwz

Peran cendekiawan Islam dalam ilmu fisika

Posted by Cak Bihin on 19.35 with No comments
Pada masa keemasan peradaban Islam, ilmu pengetahuan pasti mendapatkan tempat istimewa. Sehingga, tidak heran jika pada saat itu bermunculan para cendekiawan muslim yang mampu membuka jendela pengetahuan dunia yang bahkan karyanya mampu bertahan hingga sekarang. 
Di dunia ilmu fisika sendiri tercatat sangat banyak ilmuwan muslim yang memberikan kontribusinya terhadap salah satu cabang ilmu alam ini. Tercatat, ada sekitar 100 lebih ilmuwan muslim di abad pertengahan yang menyumbangkan pemikirannya sehingga mampu membuka cakrawala ilmu fisika dunia. 
Terlalu banyak jika disebutkan satu-satu. Namun, tak ada salahnya juga bagi kita untuk mengenal mereka. 
Dalam ilmu fisika misalnya, dunia mungkin akan sangat berterima kasih terhadap jasa dari sosok Abu al-Rayhan Muhammad ibn Ahmad al-Biruni. Berkat pemikiran muslim yang lahir lebih dari satu milenium inilah akhirnya nama besar seperti Newton dan Galileo mampu menemukan gaya gravitasi yang akhirnya membuka berbagai temuan lainnya. Di masanya, Al Biruni sudah memiliki berbagai pemikiran cemerlang milik Einstein dan beberapa ilmuwan modern lainnya. Sebelum Einstein, dirinya sudah menyatakan bahwa kecepatan cahaya lebih cepat dari suara. Hal ini pun kemudian menolak paham dari Aristoteles mengenai gaya gravitasi langit. Inilah yang kemudian coba dikembangkan lagi oleh Newton sekitar 5 abad kemudian lewat hukum-hukum gravitasinya.   
Hal yang krusial tapi sering kita remehkan? Tidur. 
Mungkin kamu sudah tahu akibat-akibat buruk dari kekurangan tidur. Kamu juga pasti paham kalau kurang tidur bisa mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Tapi, selalu saja ada alasan yang bikin mata kamu terjaga. Kalaupun kamu tidur lebih awal, gak jarang kamu terbangun dini hari, bengong, dan tetap terjaga hingga matahari terbit. 
Tapi sebelum buru-buru memvonis dirimu insomnia (plis, jangan lebay), mungkin yang kamu butuhkan adalah sedikit penyesuaian terhadap cara kamu tidur. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan bagaimana melakukannya.     

1. Biasakan tidur dan bangun pada jam yang udah kamu jadwalkan
Tubuh manusia memiliki jam biologis, yang bisa kamu atur melalui melakukan aktivitas berulang-ulang. Melakukan hal yang sama dan terjadwal tiap hari memang terdengar membosankan, namun demi tidur yang berkualitas kamu boleh sedikit ‘memaksakan’ diri. Atur jadwal yang ketat untuk mulai terlelap dan terjaga keesokan paginya. Jika kamu menentukan tidur pukul 10 tiap malamnya, berarti gak boleh bangun lebih dari pukul 6 besok paginya. Dengan membiasakan diri seperti itu, tubuh kamu akan mulai punya ritme tertentu. Semakin konsisten kamu menerapkan penjadwalan ini, semakin besar peluang kamu untuk tidur tanpa terbangun sedikitpun. Bayi aja gak bisa tidur senyenyak itu. Sedikit tambahan, jika kamu berniat untuk istirahat sejenak di siang hari atau power nap, usahakan gak lebih dari 30 menit. Salah-salah, kamu bisa merusak jadwal tidur alamimu.   

2. Hindari menyantap makanan berat pas sebelum tidur. Sebaiknya sih gak usah makan.
Sepertinya hal sistem pernapasan, sistem pencernaan kamu tetap bekerja bahkan saat kamu tidur. Jadi kenapa harus memberi makanan berat untuk ‘mesin’ pencernaan itu? Usus yang bekerja keras hanya membuat perut kamu jadi gak nyaman dan tidurmu jadi terganggu. Jadi hindari makanan berat seperti nasi, daging-dagingan, makanan dalam kemasan, snack, dan dessert. Jika emang lapar banget, puaskan perut keronconganmu dengan buah. Jangan lupa, hindari juga mengonsumsi/memasukkan zat-zat yang bisa mengubah mood kamu seperti, cafein, alkohol, rokok dan gula.   

3. Rutin menjaga kebugaran dengan olahraga
Kamu mungkin sering lupa kalau tidur itu punya kaitan erat dengan metabolisme tubuh. Jumlah energi yang terpakai pada siang hari berpengaruh pada jumlah energi yang dikumpulkan lagi pada saat kamu tidur. Untuk itu, biasakan diri untuk membakar kalori rutin setiap hari. Bekerja termasuk cari yang baik untuk menghabiskan energi. Namun olahraga adalah pilihan terbaik yang kamu miliki. Kamu gak perlu jor-joran olahraga berat, cukup latihan ringan selama 30 menit atau jogging mengelilingi lingkungan sekitar rumah.   

4. Genjot produksi hormon melatonin kamu
Hormon melatonin merupakan zat yang mengatur siklus tidur mahluk hidup. Pada manusia, melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal, yang terletak di sekitar bagian pusat otak. Semakin banyak hormon ini kamu hasilkan, semakin berkualitas tidurmu. Diduga kuat penyebab kesulitan tidur yang dialami remaja dan orang dewasa adalah menurunnya produksi melatonin. Hal ini wajar, karena produksi hormon ini semakin menurun seiring bertambahnya usia. Untungnya kamu bisa mengakali otak untuk menghasilkan lebih banyak melatonin. Caranya sangat mudah. Paparkan saja dirimu pada sinar matahari siang hari. Kontrasnya, hindari cahaya terang benderang pada malam hari. Itulah sebabnya kita dianjurkan mematikan lampu sebelum tidur.       

5. Pelan-pelan, sudahi kesibukanmu sebelum tidur
Semua pekerjaan kantor atau tugas dari kampus yang belum beres pasti akan menggangu pikiranmu. Tapi jika sudah saatnya tidur, tidurlah. Jika otak kamu masih berpikir keras, tubuhmu akan tetap sulit untuk beristirahat. Mungkin kamu membutuhkan waktu transisi dari mode ‘kerja’ ke mode ‘tidur’. Kalau begitu, tenanglah sejenak. Kosongkan pikiran, atau meditasi jika perlu. Singkirkan smartphone dan laptop serta matikan internet dan TV sebelum kamu beranjak tidur.     

6. Ubah kamar menjadi surga yang tepat untuk beristirahat
Kamar harusnya menjadi tempat perlindungan utama kamu dari gangguan-gangguan yang bisa merusak siklus tidur. Maka, ubah kamar kamu jadi tempat yang nyaman untuk berlindung. Usahakan suhu di dalam kamar terasa sejuk, bukan dingin yang nantinya bikin kamu bangun karena menggigil. Dapatkan kasur dan bantal yang nyaman, lalu cuci spreinya dengan bir karena aroma hops dari bir sebenarnya bisa membantumu tidur. Pastikan kamar kamu gak berisik, atau gunakan suara halus dan monoton seperti kipas angin untuk menutupi suara berisik dari luar.       

7. Kalau terbangun di tengah malam, segeralah tidur lagi
Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya terbangun di tengah malam. Jadi tenang, bukan kamu doang yang mengalami ini. Tapi gak seperti kamu, kebanyakan orang segera memejamkan matanya lagi agar segera tertidur. Sementara kamu suka menghabiskan waktu buat menerka-nerka penyebab kamu bangun, lalu berpikir buat ke dapur dan menyalakan TV. Mulai malam ini hentikan kebiasaan itu. Jika terjaga di tengah malam, segera masuki lagi mode ‘tidur’ dan kembali terlelap. Satu hal terakhir yang bisa membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas: jangan gunakan tombol snooze. Pakai alarm sah-sah aja, tapi ketika alarmmu berbunyi, segera bangun. Tidur lagi hanya akan merusak siklus yang udah kamu bangun selama ini. 

Sekian dulu tips dari Hipwee. Semoga tidurmu malam ini menyenangkan, ya!   
SUMBER:    http://bit.ly/1z9AU5M 

Selasa, 16 Desember 2014

Apa jenis karir yang Anda cita-citakan? Apakah Anda ingin menjadi seorang seniman, pebsinis, atau pembuat kebijakan?

Atau, apakah Anda pernah ingin menjadi petani? Saya tidak akan terkejut jika Anda mengatakan tidak.

Ketika menimbang pilihan karir, banyak orang muda di negara berkembang cenderung menghindar dari pertanian. Aku juga, setelah menemukan diri saya kecewa dengan melihat desa kecil dan sawah dimana saya dibesarkan setiap hari. Sebagai keyakinan konvensional berjalan, pertanian berarti gaya hidup kuno dan masa depan dengan kesempatan terbatas bagi kaum muda.

Tapi kemudian setelah saya belajar, aku salah. Banyak bukti menunjukkan bahwa pertanian menyediakan pemuda cara yang layak untuk berhasil sukses dan mengembankgan masa depan yang berkelanjutan. Dengan kata lain, saya percaya pemuda bisa, dan harus, memilih pertanian. Berikut adalah lima alasan:

1. Pertanian penting bagi masa depan pembangunan.
  
WB Agriculture (@WB_Agriculture) May 1, 2014

Pertanian empat kali lebih efektif dibandingkan sektor lainnya dalam mengurangi kemiskinan. Dunia mengandalkan pertanian untuk menghasilkan lebih banyak makanan bergizi untuk - dan meningkatkan mata pencaharian - populasi booming, terutama masyarakat miskin. Apa yang bisa lebih bermakna daripada menjadi bagian dari solusi terbukti seperti tantangan kritis?

2. Pertanian dapat menjadi tambang emas bagi para pengusaha muda.

Bertemu Randa Filfili, seorang pengusaha muda dari Senegal. Dia juga produser Senegal pertama yang melihat nilai dalam buah pohon jambu yang lain telah dianggap sampah, dan mengubahnya menjadi produk selai untuk ekspor. Melalui agribisnis, Randa tidak hanya mengukir karir yang sukses dari dirinya sendiri, tetapi juga membantu petani lokal mencapai pasar global, dan menciptakan lapangan kerja bagi kaum muda lainnya - terutama perempuan. Jadi, waktu berikutnya Anda datang di alami mentega apel mete Randa di toko produk lokal Anda, pikirkan bagaimana Anda juga bisa memulai bisnis di bidang pertanian untuk membantu diri sendiri dan orang miskin pedesaan.

3. Pertanian tidak keren? Pikirkan lagi.
Inovasi untuk Transparansi


Di Uganda, tim muda dengan Bank Dunia dan UNICEF menggunakan aplikasi mobile dan berbasis web yang disebut U-Report untuk segera membantu petani menyimpan 190.000 pisang mereka - makanan pokok bagi Uganda - dari penyakit ganas. Negara-negara seperti Kenya dan Rwanda juga ingin meningkatkan produktivitas melalui teknologi informasi dan komunikasi dan solusi kreatif lainnya. Pertanian di negara berkembang telah menjadi lapangan hidup dengan inovasi yang efektif, berkat semakin banyak pikiran Techie muda yang mewujudkannya.

4. Penelitian Pertanian membutuhkan kekuatan otak muda.

Transformasi Pertanian di Afrika Timur


Jika Anda adalah "kutu buku muda" dalam penelitian pengembangan, pertanian dapat menjadi tempat yang tepat untuk Anda. Banyak cerita dari Afrika Timur dan tempat-tempat lain telah menunjukkan bahwa penelitian merevolusi pertanian dan mengubah mata pencaharian. Saat ini, lebih dari sebelumnya, perubahan iklim dan permintaan untuk makanan bergizi adalah untuk ide-ide segar dan pengetahuan baru untuk mengeksplorasi ICT di bidang pertanian, angkat pertanian iklim cerdas dan berinovasi di sektor ini untuk daya pertumbuhan di masa depan.

5. Kecenderungan pertanian pemuda memilih berkembang.


Sikap terhadap pertanian sudah berubah. Di Kamerun, di mana pertanian menjadi lebih kompetitif, Kamerun berpendidikan muda "telah memutuskan untuk menjadi petani, memperoleh tanah, menanam jagung secara profesional untuk perdagangan, dan mengelola usaha mereka untuk mencari nafkah," menurut FĂ©lix Nkapemin, seorang ahli pertanian bekerja dengan petani setempat. Negara-negara lain seperti Armenia, Brasil, Malawi, dan Senegal berinvestasi di masa muda dan pertanian dengan dukungan dari Kelompok Bank Dunia dan organisasi pembangunan lainnya. Orang-orang muda juga semakin berbicara untuk diri mereka sendiri tentang mengapa mereka memilih pertanian.

Tren ini berkembang. Dukungan untuk sektor pertanian meningkat. Daftar alasan tak ada habisnya. Hari Pemuda Internasional ini, saya mengundang Anda untuk berbagi pikiran dan pengalaman tentang mengapa Anda berpikir pemuda harus terlibat dalam pertanian, dan bagaimana dapat membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran bersama.

SUMBER :