Rabu, 12 Desember 2012

ADA GAK YHAA??

Posted by Cak Bihin on 07.43 with No comments
“sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain”
……
Setiap orang akan berada dalam lingkungan sosial (organisasi, komunitas, masyarakat, dll) karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Namun, keberadaan seseorang dalam lingkungan sosial dapat diartikan menjadi 5 hukum. Pertama adalah haram. Artinya adanya seseorang bagi mereka mengakibatkan kesusahan bagi mereka dan tidak adanya seseorang akan jadi lebih baik bagi mereka. Kedua, kedua adalah makruh. Artinya keberadaan seseorang akan mengakibatkan kesusahan bagi mereka dan tidak adanya seseorang tidak akan memberi pengaruh apa-apa bagi mereka. Ketiga adalah mubah. Artinya ada atau tidak adanya keberadaan seseorang tidak akan memberi pengaruh apapun. Keempat adalah sunnah. Artinya keberadaan seseorang akan memberikan manfaat bagi mereka dan tidak adanya keberadaan seseorang tidak akan memberi pengaruh. Kelima adlah wajib. Artinya keberadaan seseorang akan memberikan manfaat bagi mereka dan tidak adanya seseorang akan mengakibatkan kesulitan bagi mereka. (mungkin bisa disimpulkan mana yang lebih baik).

“sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain”

Tak jarang bukan seseorang mendengar kalimat tersebut? Akan sangat beruntung jika seseorang mampu melaksanakan tersebut. Kenapa beruntung? Tentunya karena seseorang menjadi manusia yang baik. hehehe
Banyak hal yang seseorang dapatkan saat seseorang bermanfaat bagi orang lain lho. Pertama, seseorang telah melaksanakan anjuran Allah SWT. Kedua, seseorang mendapatkan ketenangan batin saat melihat orang tersenyum atas apa yang seseorang berikan baik berupa fisik maupun non-fisik (ide, tindakan, dan lain-lain) kepada mereka. Ketiga, karena bagi orang lain keberadaan seseorang menjadikan kebaikan bagi mereka maka seseorang akan diterima masyarakat. keempat, karena kita merubah sesuatu menjadi lebih baik. “sesungguhnya Allah tidak akan mengubah takdir suati kaum hingga mereka mengubah yang ada pada mereka sendiri.” (kalau mau nambahin juga boleh J)
So, apa yang bisa seseorang perbuat maka perbuatlah. Jika tidak bisa maka belajarlah agar bisa berbuat untuk kemanfaatn orang lain. 
Apa yang kita tampilkan bisa jadi cerminan seberapa besar upaya yang kita lakukan

0 komentar: