Selasa, 19 November 2013

INFLASI MENURUNKAN DAYA BELI, BENARKAH?

Posted by Cak Bihin on 20.17 with No comments
inflasi adalah kenaikan tingkat harga barang dan jasa secara agregat. naiknya harga-harga barang atau jasa akan mempengaruhi nilai dari uang yang kita milik. jika kita umpamakan pada tahun kemarin Rp. 5000 dapat membeli 1 bungkus roti dan pada tahun ini dibuthkan Rp 6000 untuk membeli sebungkus roti maka artinya Rp. 5000 tahun kemarin tidak sama dengan Rp 5000 saat ini karena mengalami penurunan nilai uang.
sedangkan daya beli merupakan kemampuan seseorang dalam membelanjakan pendapatannya untuk memperoleh sejumalah barang dan jasa. semakin tinggi pendapatan seseorang maka akan semakin tinggi daya beli seseorang tersebut. ketika ada inflasi apakah mempengaruhi daya beli orang tersebut. 
menurut Nicholas Gregory Mankiw dalam bukunya Pengantar Ekonomi Makro dijelaskan bahwa inflasi akan menurunkan nilai uang namun tidak akan menurunkan daya beli seseorang. kenapa? karena sering kali seseorang melihat dari sisi pengeluarannya daripada penerimaanya. sebagai contoh ketka terjadi inflasi maka yang dirasakan pertama kali adalah semakin tingginya pengeluaran yang dilakukan karena harga yang naik namun tidak memperhitungkan naiknya pendapatan karena naiknya inflasi.
hal di atas sesuai dengan konsep kenetralan moneter. yaitu uang tidak mempengaruhi variabel riil. ketika terjadi inflasi maka yang terjadi adalah turunnya daya beli nominal bukan turunnya daya beli riil. kesimpulannya menurut Mankiw inflasi tidak mempengaruh daya beli riil seseorang.
namun ada yang mengganjal di pikiran penulis ini. daya beli riil tidak dipengaruhi inflasi karena terimbangi akan meningkatnya pendapatan yang juga dikarenakan inflasi. namun pada faktanya inflasi menghitung kenaikan harga secara agregat dan  peningkatan harga barang-barang atau jasa-jasa tidaklah sama. dalam pikiran penulis ini jika kenaikan harga barang-barang atau jasa-jasa berbeda-beda maka daya beli seseorang akan berubah tidak sama. kesimpulan dari penulis ini adalah inflasi mempengaruhi daya beli masyarakat lebih dapat diterima daripada inflasi tidak mempengaruhi daya beli seseorang.
(mohon saran dan kritikannya)

0 komentar: